Ribuan Anak Yatim di Purbalingga Terima Bantuan Sosial

  • Whatsapp

PURBALINGGA – Sebanyak 4.689 anak yatim, piatu, dan yatim-piatu di Kabupaten Purbalingga menerima bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Penyaluran bantuan dilaksanakan secara bertahap selama bulan Muharam.

“Masing-masing anak menerima santunan sebesar Rp200 ribu. Ini merupakan wujud syukur kita dalam peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Di samping itu juga dalam Islam, bulan Muharam juga merupakan bulannya anak yatim,” kata Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Purbalingga, Eni Sosiatman, pada acara penyerahan santunan kepada 289 anak di Kecamatan Kalimanah, Rabu (19/8/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, bantuan ini merupakan hibah yang diberikan guna meringankan beban orang tua, dan para pengasuh anak-anak tersebut. Bantuan itu diharapkan dapat digunakan sebagai penunjang biaya pendidikan anak.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, mengatakan, santunan itu merupakan wujud syukur Pemkab Purbalingga karena kemerdekaan Indonesia telah menapaki usia ke-75. Usia yang sudah cukup matang setelah lepas dari kolonialisme Belanda dan penjajahan Jepang.

“Kita bayangkan, saat penjajahan apa-apa itu susah. Nyari pendidikan susah, nyari pekerjaan juga susah. Alhamdulillah kita sekarang hidup di zaman kemerdekaan. Oleh karena itu saya mengajak semuanya mensyukuri nikmat kemerdekaan ini,” kata Bupati Tiwi.

Bupati berpesan, para generasi muda memiliki tugas utama menjaga kemerdekaan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Salah satu caranya dengan giat belajar, jangan mudah putus asa dan berkecil hati. Tiwi berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Bupati juga meminta anak-anak yatim untuk mendoakan Kabupaten Purbalingga agar bisa terus berkembang pada masa yang akan datang.

“Saya mengajak untuk mendoakan agar Purbalingga lebih maju, masyarakatnya semakin sejahtera, dan pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, dihilangkan dari bumi Purbalingga,” katanya.

Sebagai informasi, sebelum Kalimanah, bantuan sosial bagi anak-anak yatim, piatu, dan yatim-piatu telah diserahkan kepada 776 anak di tiga kecamatan, yakni 215 anak di Kecamatan Karangmoncol, 239 anak di Rembang, 322 anak di Kaligondang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *