Budikdamber Bagian Solusi Menjaga Pangan

  • Bagikan
Budikdamber di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang

SAMPANG,Newsrepublik.com- Teknik budidaya ikan dalam ember atau Budikdamber, ditengah pandemi covid-19 belakangan kian populer di masyarakat. salah satunya juga digeluti M. Syaiful Romadhan (35), salah satu pemuda di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Pasalnya Budikdamber ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan ditingkat keluarga.
Menurut M. Syaiful Romadhan saat ditemui dirumahnya, ia mengatakan ide ini didasari masa pandemi yang harus memperkuat ketahanan pangan di rumah, kemudia saya mencari informasi terkait temuan dosen budidaya perikanan dari Politeknik Negeri Lampung, kemudian saya mempelajari terorinya dan langsung mempraktekan dirumah dan alhamdulillah sudah berjalan dua bulan.Senin (29/6/2020).
“Pada prinsipnya Budikdamber, beternak lele dan menanam sayuran sekaligus, meskipun di rumahnya tidak memiliki lahan yang luas sangat efektif, bahkan saat ini sayur kangkung sudah beberapa kali panen untuk konsumsi sendiri dan tetangga sekitar”Jelasnya.
Lanjut M. Syaiful, pertama yang dibutuhkan adalah mempersiapkan gelas dan potongan kangkung, caranya: Lubangi gelas plastik 10-15 buah dengan solder, Potong kangkung sisakan bagian bawah masukkan kangkung ke dalam gelas, kemudian isi gelas dengan arang antara 50 sampai 80 persen ukuran gelas. Potong kawat kurang lebih 12 cm dan buat model kait yang bisa dijadikan pegangan gelas di ember. Selanjutnya adalah membuat persiapan media untuk Budikdamber ember isi air 60 liter dan diisi benih ikan satu ember kurang lebih 70 ekor ikan lele.
“Saat ini saya sudah memiliki 20 ember, dan ada 5 teman di Sampang yang juga ikut membudidayakan ikan dalam ember, bahkan hari ini rumah kami juga kedatangan para guru TK di Sampang yang ingin sharing terkait teknis Budikdamber.”pungkasnya.

M. Syiful berharap ditengah pandemi ini ketahanan pagan harus dimulai dari keluarga kita masing-masing, semoga hal ini menjadi inspirasi dan upaya menjaga ketahanan pangan di kelurga dan tetangga sekitar.(KH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: