Petani Berharap Ada Gudang Tembakau di Sampang

Petani tembakau, Desa Banjar Talela, kecamatan camplong, berharap ada gudang tembakau di Sampang

SAMPANG, Newsrepublik.com– Penghujung bulan Agustus sejumlah petani tembakau asal desa banjar talela, kecamatan camplong, kabupaten sampang. Mulai khawatir, hal itu dipicu karena gudang tembakau yang berada di kabupaten Pamekasan hingga saat ini masih belum dibuka.

Sementara tembakau para petani saat ini sudah siap panen dan sebagian petani sudah mulai merajang tembakau miliknya, lantaran daun tembakau sudah banyak yang menguning dan sebagian sudah mulai mengering dari pangkal batang bawah pohon tembakau.

Bacaan Lainnya

Seperti yang diungkapkan salah satu petani asal dusun gung dalem, desa banjar talela, kecamatan camplong. Emaduddin (32) mengatakan, dirinya berharap pemerintah kabupaten (Pemkab) sampang melalui dinas terkait, mencari inovasi baru dan membantu memecahkan permasalahan petani tembakau saat ini.

“Kami berharap di kabupaten sampang ada gudang tembakau yang berdiri. Sehingga petani tembakau tidak usah menunggu bukanya pergudangan yang berada di Pamekasan,” harap Uddin petani sekaligus pedagang tembakau, Selasa (25/8/20).

Dilain sisi, dengan adanya gudang tembakau yang berdiri di sampang, selain memudah petani dalam proses penjualan, juga berdampak sebagai langkah Pemkab sampang mendatangkan investor luar dan membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat sampang.

Selain bisa membuka lapangan pekerjaan baru, dengan adanya pergudangan tersebut, juga diharapkan bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) sampang yang kurus.

“Harga tembakau beberapa tahun terakhir anjlok. Lantaran gudang yang berada di Pamekasan membeli tembakau petani dengan harga murah. Dengan alasan ada peraturan daerah (Perda) yang menaikkan retribusi di wilayah tersebut,” pungkasnya. (Jk/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan