Petani Harapkan Harga Tembakau di Sampang Tak Anjlok Seperti Musim Lalu

  • Bagikan

SAMPANG, NewsRepublik.com – Dua musim di Indonesia selalu dimanfaatkan kalangan petani dipulau Madura khususnya di Kabupaten Sampang baik Padi maupun Tembakau.

Meski sempat mengalami anjlok harga dan mengalami kerugian pada musim lalu, tetap terlihat antusias para petani di Kabupaten Sampang melakukan penanaman tembakau.

“Mau tidak mau kami harus tetap menanam, karena mata pencarian kami hanya bergantung pada hasil pertanian, sekalipun kami rugi pada musim lalu,” ungkap Syairi Ketua Poktan Banjar Jaya Dusun Gung Dalem, Desa Banjar Talela, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, pada awak media, Selasa (14/07/2020).

Dibahas secara kualitas pada musim lalu, Syairi menilai lebih bagus dari pada tahun-tahun sebelumnya, mengingat tidak ada guyuran selama penanaman.

“Entah apa penyebab anjloknya harga tembakau musim lalu, semoga isu yang beredar karena Pemerintah ambil bagian itu tidak benar, karena ini sangat berdampak pada masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya selaku petani berharap akan ada solusi dari Pemerintah untuk menekan para pabrik (Gudang) agar tidak mengulak tembakau dengan harga yang sembrono.

“Kami harap pemerintah bisa memberikan solusi atas anjloknya harga tembakau ini, agar masyarakat tak mengalami kerugian setiap musim,” pungkasnya. (Jk/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: