PPI Camplong Belum Berfungsi Semestinya

  • Bagikan
Lokasi PPI di Camplong, Kabupaten Sampang

SAMPANG, NewsRepublik.com –Meski sudah menelan anggaran kurang lebih Rp. 30 miliar, sejak dibangun pada tahun 2005, namun keberadaan pangkalan pendaratan ikan (PPI) yang berada di wilayah Camplong masih belum berfungsi sebagaimana mestinya.

PPI dibangun mulai tahun 2005 hingga saat ini terhitung sudah hampir 15 tahun, namun anehnya hingga saat ini adanya PPI yang seharusnya mampu mendongkrak dan mendorong perekonomian masyarakat pesisir selatan khususnya para nelayan, masih belum berdampak terhadap masyarakat nelayan.

Pasalnya, sejauh ini kapal para nelayan yang sandar di tempat tersebut masih sangat minim, dan mereka lebih memilih sandar di tempat lain. Dengan alasan fasilitas di PPI tersebut masih sangat minim.

“Masih sangat minim untuk fasilitas yang lain,” ungkap warga yang berada di lokasi tersebut.

Di tempat yang berbeda, Dinas perikanan (Diskan) sampang, melalui Kabid perikanan tangkap, Siti Asya, dirinya membenarkan bahwa tempat pelelangan ikan yang berada wilayah camplong masih belum berfungsi sebagai mana mestinya. Dengan alasan tempat itu masih perlu evaluasi.

“Karena tempat itu yang mengelola pihak Provinsi, dan kami sudah menyurati bahwa pada tahun 2021 tempat itu akan menjadi PPI higenis,” terang Asya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/7/20).

Sementara evaluasi untuk PPI camplong sendiri Diskan Sampang, menargetkan pada tahun 2020 tempat itu masih memerlukan pendalaman kolam sandar kapal, lantaran kedalamannya dinilai masih kurang.

“Karena kedalamannya itu masih kurang, yaitu hanya 2 meter secara otomatis untuk tonase kapal besar masih belum bisa sandar. Masih perlu pendalaman sekitar 4 meter lagi,” bebernya.

Perlu diketahui, untuk PPI Camplong saat ini, selain menjadi tempat sandar kapal beberapa masyarakat nelayan, tempat itu juga berdiri salah satu anak perusahaan BUMD pemkab Sampang, yang bergerak disektor migas. (Jk/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: