Polisi Amankan Pemuda Pencuri Uang dan Perhiasan

  • Whatsapp
pelaku diamankan polisi

BARITO UTARA,Newsrepublik.com – Seorang pemuda berinisal ASA (19),Warga Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Barito Utara, Kalimantan Tengah berhasil diamankan Satuan Reskrim Polres Barito Utara, Polda Kalimantan Tengah. Pasalnya pemuda tersebut diduga telah mencuri perhiasan emas dan uang dirumah tak berpenghuni milik NH (65), yang merupakan saudara dari ayah tirinya Rabu 14/10/2020.
Kapolres Barut AKBP Dodo Hendro Kesuma melalui Kasat Reskrim AKP M Tommy Palayukan menyampaikan, ASA alis Sunu kami tangkap atas laporan Polisi Nomor: LP / 106 / x / res.1.8/2020 Polda Kalteng / Polres Barut, tindak pidana pencurian di seberang Langgar Nurul Amal Jl. Pangeran Antasari Kel. Melayu Kec. Teweh Tengah Kab. Barito Utara pada hari Senin (12/10) Skj. 09.00 Wib,” katanya Kamis 15/10/2020.
Lanjut M Tommy, Jalannya kejadian pada saat korban kembali ke rumah kemudian masuk kamar dan melihat kunci lemari yang sebelumnya hilang tiba-tiba ada di tempat sebelum hilang, kemudian korban memeriksa lemari tersebut ternyata perhiasan jenis kalung rantai emas 99 seberat 15 (lima belas) gram, gelang emas 99 seberat 15 (lima belas) gram dan sejumlah uang yang berada didalam kotak kurang lebih Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah) yang ada di dalam lemari tersebut sudah tidak ada pada tempatnya / hilang.
Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 29.800.000,- (dua puluh sembilan juta delapan ratus ribu rupiah), dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Barito Utara.
“Setelah mendapat laporan mengenai telah terjadinya tindak pidana pencurian tersebut, kemudian Unit Buser Sat Reskrim dan Unit IV Satintelkam Polres Barut mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan.
Selanjutnya anggota melakukan pengecekkan di sekitar TKP, pintu, jendela, lemari dan akses masuk kedalam rumah tersebut tidak ada bekas congkel atau tidak ada yang dirusak,”ungkap Tommy.
Kemudian korban memberitahukan bahwa sudah hampir 2 (dua) bulan kunci rumah tersebut dititipkan kepada Sdr. BAWAI (adik kandung korban dan merupakan ayah tiri tersangka), karena korban sakit dan untuk sementara tinggal di tempat keluarganya.
Dari hasil interogasi anggota Unit Buser Sat Reskrim dan Unit IV Satintelkam Polres Barut terhadap Sdr. BAWAI diperoleh informasi bahwa pernah melihat uang sekitar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) yang terjatuh dari celana tersangka AKHMAD SANUSI ARETHUZA als. SANU dan mengambil uang tersebut seperti orang yang tergesa-gesa.
Pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 Skj. 08.30 Wib di Rumah Jl. Pangeran Antasari, Kel. Melayu, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara, Unit Buser Sat Reskrim dan Unit IV Satintelkam Polres Barut berhasil menangkap tersangka.
tersangka mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian kalung emas, gelang emas dan uang sejumlah Rp. 850.000,- (delapan ratus lima puluh ribu rupiah) yang berada di dalam lemari di rumah milik korban Jl. Pangeran Antasari, Kel. Melayu, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.
Tersangka menjelaskan jika kalung emas yang dicuri tersebut sudah dijual dan untuk gelang emas (sudah diamankan Anggota Kepolisian) di simpan di bangunan wc umum Pasar Ipu Jl. Mangkusari, Kel. Melayu Kec. Teweh Tengah Kab. Barut.
Kemudian anggota Unit Buser dan Unit IV Satintelkam Polres Barut membawa tersangka menuju Polres Barut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
“Atas perbuatan nya Pelaku dijerat pasal 363 Juncto pasal 362 KUH Pidana,” tutup Kasat Reskrim.(Wan/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *