Belasan Pekerja Migran Asal Situbondo Jalani Proses Karantina di Dua Tempat

  • Bagikan
Santi, salah satu pekerja migran asal Kabupaten Situbondo menerima pendampingan dari Satgas Covid-19 di lokasi karantina Hotel Rengganis. (moh raihan)

SITUBONDO,Newsrepublik.com-Sedikitnya 15 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Situbondo Rabu (5/5/21). Mereka yang baru pulang bekerja di Negeri Jiran Malaysia itu langsung menjalani proses karantina di dua lokasi berbeda. Untuk 10 pekerja pertama menjalani karantina di Hotel Rengganis serta sisanya sebanyak 5 pekerja menjalani proses karantina di Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo.

Informasi dari lokasi menyebutkan, para pekerja migran itu tiba di Situbondo dalam dua kali proses kedatangan. Ini karena mereka harus terlebih dulu menjalani proses karantina selama dua hari di Surabaya. Ketatnya pengawasan masuknya para tenaga migran itu dilakukan murni untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian baru. Begitu datang di Kota Santri mereka juga menjalani serangkaian aturan menurut aturan Satgas Covid-19.

Menurut Ahmad Zaini, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Kantor Disnaker Kabupaten Situbondo, kedatangan pekerja dari luar negeri ke Kabupaten Situbondo itu kemungkinan besar masih akan bertambah. Itu karena, menurut informasi ada 14 ribu pekerja migran di Jawa Timur yang akan pulang dari Malaysia. “Ya hari ini ada juga penerbangan. Kabarnya ada dua pekerja asal Situbondo yang akan pulang dari Malaysia. Kami terus menunggu kabar lanjutan dari Pemrov Jatim,” kupas Zaini.

Masih kata Ahmad Zaini, sebanyak 15 pekerja yang baru datang dari Malaysia sebenarnya sudah dilakukan tes Swab di Malaysia. Selanjutnya ke 15 PMI itu juga sudah menjalani tes swab kedua setiba di Bandara Juanda Surabaya. Dari mereka yang sudah tiba di Situbondo, kesemuanya sudah dinyatakan negatif Covid-19. “Namun kami harus tetap melakukan proses karantina selama tiga hari. Itu dijalani sebelum pulang ke rumah masing-masing,” ujar Ahmad Zaini kemarin.

Ke 15 PMI itu, lanjut Zaini, sebelumnya sudah menjalani karantina dua hari di Surabaya dan harus menjalani karantina tiga hari di Situbondo. Para pekerja migran yang dipulangkan itu, imbuh Zaini, dinyatakan dan meminta pihaknya untuk menjemput. Ia menambahkan, para pekerja migran itu pulang dari Malaysia karena beberapa alasan. “Satu diantaranya karena kontrak kerja selesai. Sebagian lagi PMI itu sudah tidak bekerja di Malaysia lagi,” pungkas Zaini. (han/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: