Bupati Bangkalan Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

  • Bagikan
Bupati Bangkalan R. Latif Amin Imron di Acara Pembinaan Lingkungan Hidup 2021 Arosbaya

BANGKALAN,Newsrepublik.com –Bupati Bangkalan, R Latif Amin Imron, mengajak masyarakat untuk menanam pohon supaya kelestarian lingkungan tetap terjaga. Hal tersebut disampaikan ra Latif pada acara Pembinaan Lingkungan Hidup 2021 di Desa Ombul, Kecamatan Arosbaya, Kamis (8/4/2020).

Dalam kegiatan itu, forkopimda Bangkalan melakukan penanaman pohon yang berbuah seperti pohon nangka, sukun dan rambutan. Adapun total bibit yang ditanam mencapai ratusan pohon. Sehingga ketika besar nanti, pohon tidak hanya berfungsi untuk kelestarian lingkungan, namun juga mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Pohon mampu menahan, menampung air dan menyuburkan tanah sekitarnya. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kelestarian lingkungan kita. Kita ciptakan ruang terbuka hijau sebanyak mungkin demi kelestarian alam, dan juga demi masa depan anak cucu kita. Kalau kita tidak menjaga siapa lagi,” ucap Ra Latif.

Ra Latif menjelaskan, kegiatan ini sangat positif, diharapkan masyarakat yang hadir bisa menularkan kegiatan tersebut pada warga yang lain. Sehingga jiwa rasa melestarikan lingkungan tertular pada masyarakat lain. Musim hujan sepertinya akan segera berlalu dan datang kemarau.

Arosbaya menjadi salah satu daerah langganan banjir tiap tahun karena letak geografis. Dimana ada air kiriman dari kecamatan tetangga, tapi struktur alam disini ada yang tinggi dan rendah. Selain menanam pohon, juga tidak boleh membuang sampah sembarangan.

“Saya berharap kedepan ada anggaran dari dana desa, untuk kebersihan atau lingkungan hidup, diantaranya memfasilitasi dengan memberi layanan agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan,” papar politisi PPP ini.

Ra Latif menambahkan, dengan adanya program pembinaan lingkungan hidup 2021 diharapkan masyarakat sadar untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Sehingga tanah-tanah di sekitar nantinya bisa subur dan hijau. Tentu nanti ada nilai ekonomis bagi masyarakat, karena yang ditanam tumbuhan berbuah.

“Sekali lagi jaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, serta jaga protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Komandan Kodim 0829 Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo. S.Sos. Ia menyatakan pohon yang berproduksi bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, dan bisa dimanfaatkan masyarakat yang menanam pohon. Pihaknya mengajak dan menghimbau pada seluruh lapisan masyarakat agar sama-sama menanam pohon untuk memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

“Kita tahu menanam pohon manfaatnya sangat besar sekali. Dihadapkan pada kondisi saat ini seperti cuaca ekstrim, penanaman pohon bisa berdampak positif seperti wilayah yang asri, bisa menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, bisa menyerap air dan bisa menahan terjadinya longsor,” papar Ari Setyawan.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat di Desa Ombul, KH Muhayyan, mengucapkan banyak terima kasih pada bupati Bangkalan, dan segenap Forkopimda yang hadir pada pagi ini. Karena ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat. Forkopimda melihat langsung masyarakat, kondisi pertanian dan akses masuk ke Desa Ombul.

“Mudah-mudahan kedepan Ombul bisa dibina lebih baik, sehingga jadi Desa yang dapat jadi contoh bagi desa lain. Saya ucap juga terima kasih pada bapak lingkungan hidup, bapak Anang, yang menjadi inisiator acara ini. Kami mengharap binaan untuk masa-masa kedepan, sehingga apa yang ditanam bisa bermanfaat bagi masyarakat desa ombul dan sekitarnya, mudah-mudahan kedepan menjadi desa yang hijau dan makmur,” ujar KH Muhayyan. (Kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: