Cabup Fattah Jasin Ziarah ke Asta Joko Tole

Fattah Jasin saat ziarah ke asta Joko Tole

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Calon Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Fattah Jasin ziarah ke Asta Joko Tole, di Desa Lanjuk, Kecamatan Manding. Ia yang disandingkan dengan KH. Ali Fikri dalam kontestasi Pilkada Sumenep ini sering berziarah ke asta-asta leluhur di Kota Keris ini.

Pria yang karib disapa Gus Acing itu tiba di asta langsung disambut juru kunci Asta Joko Tole. Kemuan dia memperkenalkan diri dan izin hendak ziarah. Sebelum masuk ke Asta Joko Tole, putra asli Sumenep ini terlebih dahulu melaksanakan salat asar berjamaah. Setelah salat, Gus Acing langsung menuju Asta Joko Tole yang ada di sebelah Utara. Selama ziarah dia khusuk berdikir dan berdoa.

Bacaan Lainnya

“Kami ziarah tentu mengharap mendapat Barokah dari para wali. Joko Tole ini bagian dari yang tidak terpisahkan dari raja-raja Sumenep. Dan kami bagian dari keluarga raja-raja yang ada di Asta Tinggi,” kata Gus Acing.

Dari itu, lanjut Gus Acing, bagi dirinya wajib hukumnya untuk meminta doa para leluhur. Bahkan beberapa waktu lalu Paslon nomor urut 02 telah ziarah ke Asta Adi Poday (orang tua Joko Tole).

“Harus banyak ziarah khususnya kepada ayah ibu dan para leluhur di atasnya yang ada di makan raja-raja di Asta Tinggi,” ujarnya. Sabtu (24/10/20).

Sementara itu, Juru Kunci Asta Tinggi, H. Yasin mendoakan supaya hajat Gus Acing untuk memimpin kabupaten dengan lambang Kuda Terbang tercapai. Kemudian dia berpesan agar Gus Acing sering-sering datang ke Asta Joko Tole.

“Sering-sering ziarah ke sini. Semoga hajatnya tercapai,” kata juru kunci Asta Joko Tole sembari mendoakan.

Pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, KPU Sumenep telah menetapkan dua pasangan calon dan KPU juga telah melakukan pengundian serta penetapan nomor urut. Sesuai hasil pleno terbuka, pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah memdapatkan nomor urut satu dan pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri mendapatkan nomor urut dua. Pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai Partai pendukung. (zola/kh).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan