Dahsyatnya Efek Corona Ke Ekonomi Masyarakat Miskin

  • Bagikan
Saheri, Petani asal Karang penang Oloh.

SAMPANG, Newsrepublik.com- Semenjak wabah virus Corona (Covid-19) menginfeksi Indonesia sejak Februari 2020 beberapa waktu lalu. Menimbulkan dampak yang sangat signifikan terhadap tatanan kesehatan dan ekonomi masyarakat. Bahkan perekonomian Dunia hampir jatuh ke jurang resesi.

Dampak dari pandemi virus Corona tidak hanya dirasakan dari kalangan masyarakat atas dan para pengusaha, Masyarakat miskin juga ikut merasakan dampak dari pandemi tersebut.

Seperti yang di alami salah satu petani, Saheri (50) Warga asal Dusun Bungcarbe Desa Karang Penang Oloh, Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur. Semenjak masa pandemi keadaan ekonomi dalam keluarganya sangat terpuruk.

“Dampak dari virus Corona ini sangat saya rasakan mas, apalagi untuk menyambung hidup keluarga, saya hanya bergantung pada hasil pertanian,” ungkapnya, Selasa (6/10/20).
Saat ditanya terkait program bantuan yang dicanangkan pemerintah untuk masyarakat miskin yang terdampak virus Corona, dirinya mengaku menerima program bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) Dari pemerintah Desa (Pemdes) Karang Penang Oloh.
“Saya menerima bantuan (BLT-DD), RP.600 Ribu sebanyak 3 kali dan RP.300 Ribu yang saat ini masih 1 Kali,” jelasnya.
Sementara di tempat terpisah, Remin Kepala Desa (Kades) Karang Penang Oloh, saat ditemui awak media dirinya mengatakan, sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu mengatasi masalah ketimpangan ekonomi masyarakat didesanya di tengah masa pandemi wabah virus corona (Covid-19).

“Tak lepas dari anggaran kami tetap upayakan berbagai program bantuan untuk masyarakat, baik itu program daerah, Provinsi, dan pemerintah pusat,” terangnya.

Lanjut Kades, upaya yang dilakukan oleh pihaknya tak hanya terkait masalah program bantuan. Pihaknya juga mengembangkan potensi di sektor peternakan dan pertanian yang berada di desanya.
“Kebetulan didesa kami ada peternakan ayam petelur, jadi kami kembangkan usaha itu. Alhamdulillah saat ini hasil dari peternakan itu sudah berkembang ke luar desa setempat,” Pungkasnya. (JK/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: