Dispendukcapil Sampang Targetkan 3 Mesin Anjungan Dukcapil mandiri

  • Bagikan
Edi Subianto, Plh Kadis Dispenduk Capil Sampang, Rencanakan 3 mesin Ajungan Dikcapil Madiri

SAMPANG, Newsrepiblik.com- Untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Catan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, Canangkan beberapa inovasi baru diantaranya tiga mesin anjungan mandiri untuk memudahkan pelayanan kependudukan tersebut.

Di antaranya yaitu, pelayanan berbasis Online seperti, Satu Pintu Administrasi Kependudukan Rakyat, Menjadi Sejahtera dan Membahagiakan (Sampang Sakera Mesem) yang sudah di terapkan di Desa Labuhan dan Desa Taman, Kecamatan Sereseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Selain inovasi Adminduk yang berjargon Sampang Sakera Mesem, pihaknya juga berencana menambah Dua armada kendaraan untuk melakukan pelayanan Adminduk secara keliling, pada 2021.

Menurut Edi Subianto, Plh Kepala Dinas (Kadis) Dispendukcapil Sampang dirinya mengatakan, rencana pengadaan Dua armada kendaraan itu, selain untuk memudahkan masyarakat agar mendapatkan pelayanan secara maksimal, cepat dan mudah.

“Harapan Pemerintah Kabupaten Sampang, nantinya pada 2021 tidak ada lagi penduduk yang berusia 17 tahun tidak memiliki KTP. Dan memiliki dokumen kependudukan, Jadi nanti kami sistemnya menjeput bola, yaitu mendatangi Desa masing-masing,” ungkap Edi Subianto, Selasa (15/9/20).

Lanjut Edi, sapaan akrabnya, selain dua inovasi di atas, Pemerintah pusat juga berencana akan membangun Tiga Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Tahun 2021. Dengan mesin ini data kependudukan masyarakat nantinya juga bisa melakukan cetak secara mandiri, mulai dari cetak KTP, KK, KIA, dan Akta Kelahiran, serta Surat pindah Kependudukan.

Sementara untuk penempatan mesin cetak ADM itu Dispendukcapil Sampang, berencana akan menempatkan di tiga lokasi, yaitu Wilayah pantura, di tengah Kota, dan di Barat wilayah kabupaten sampang.

“karena nantinya mesin ADM itu masih masa uji coba, jadi rencana penempatannya di wilayah titik pelayanan publik. Karena nantinya di kabupaten sampang akan membangun Mall Pelayanan Publik bisa jadi kami tempatkan di situ,” jelasnya.

Sementara itu, dengan adanya penunjang alat Mesin ADM, dan Mobil pelayanan Adminduk secara keliling, serta inovasi Sampang Sakera Mesem. Bisa mengurangi antrean masyarakat dalam proses pelayanan data Adminduk, selain itu juga untuk memudahkan pelayanan, efisien waktu, dan pelayanan secara menyeluruh. (Jk/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: