DPMD Akan Terapkan Sistem Administrasi Desa Online

Plt Kepala Dinas (Kadis) DPMD Sampang, Suhanto

SAMPANG, Newsrepublik.com- Seakan tak mau kalah dengan Jargon Sampang Sakera Mesem milik Dispendukcapil Sampang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, juga akan terapkan Simanis (Sistem Administrasi Desa) secara Online yang akan di mulai Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas (Kadis) DPMD Sampang, Suhanto mengatakan, dengan adanya aplikasi Simanis nantinya diharapkan seluruh Desa yang berada di Kabupaten Sampang bisa mengakses laporan dan pendataan kegiatan administrasi desa secara Online.

Bacaan Lainnya

“Kami pastikan di 2021 Aplikasi Simanis ini sudah bisa di aplikasikan ke semua desa di kabupaten sampang,” ungkap Suhanto, Rabu (09/9/20).

Lebih lanjut Suhanto mengatakan, untuk menunjang penerapan Aplikasi Simanis pihak desa membutuhkan jaringan internet yang memadai. Lantaran aplikasi tersebut proses pengaplikasiannya harus ada jaringan internet.

“Untuk saat ini sudah ada Tower Internet Desa, jadi nantinya kita akan gunakan fasilitas yang ada,” jelasnya.

Sementara seperti yang diketahui dengan keberadaan Tower Internet Desa yang mulai dibangun sejak 2019 menggunakan (ADD) tersebut, bisa dianggap masih belum optimal, lantaran sebagian masih perlu evaluasi dan perbaikan.

Padahal tujuan utama dari program pembangunan Tower Internet Desa itu, agar semua desa bisa menjadi desa digital atau berbasis Online. Seperti proses pelayanan Adminduk, dan proses pelaporan administrasi desa bisa secara Online.

“Sementara adanya Tower Internet Desa itu sebagian masih belum optimal, dengan kendala jaringan lambat (Lelet). Jadi kami upayakan di 2021 semua kendala itu bisa terselesaikan,” pungkasnya. (Jk/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan