Eksplorasi Perairan Sampang Kelola Gas di Pasuruan

  • Whatsapp
Ilustrasi

SAMPANG, Newsrepuplik.com- Perairan Sampang secara sumber daya alam (SDA) memiliki potensi yang cukup luar biasa minimal di sektor minyak dan gas (migas), sehingga ada beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang melakukan aktifitas eksplorasi di perairan Sampang. Salah satu contoh Perusahaan migas Husky CNOOC Madura Limited (HCML) yang mengelola Blok BD di perairan Sampang.

Namun kegiatan eksplorasi gas di blok BD pasokan gas HCML berasal dari lapangan BD dan akan disalurkan dari titik serah di Stasiun Semare ke jaringan pipa eksisting PGN di Pasuruan sejak tahun 2017, hal itu menuai pertanyaan dari Syamsuddin salah satu tokoh pemuda asal Camplong, Kabupaten Sampang.

Bacaan Lainnya

Menurut Syamsuddin HCML sejak 2017 lalu, Pasokan gas HCML berasal dari lapangan BD dan akan disalurkan dari titik serah di Stasiun Semare ke jaringan pipa eksisting PGN di Pasuruan. “Pasokan gas untuk pelanggan PGN di Jawa Timur mulai dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto hingga Pasuruan. Kenapa kegiatan pipanisasi gas itu tidak di darat Kabupaten Sampang agar bisa menambah kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Minggu (17/10/20).

Lanjut Syamsuddin, melalui pemerintah daerah Sampang yang hebat bermartabat melalui BUMD Sampang yang bergerak disektor migas, bisa membuat formulasi agar Sampang juga bisa ikut andil mengelola gas yang saat ini di salurkan ke Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

“Saya pikir masih rasional kalau Kabupaten Sampang ikut andil mengelola gas HCML berasal dari lapangan BD di perairan Sampang tinggal formulasinya seperti apa, tidak hanya CSR semata yang diberikan pada Kabupaten Sampang”terang Syamsuddin yang juga mantan anggota DPRD Sampang.

“Gas diambil di Sampang kenapa justru disalurkan ke fasilitas GMS atau gas metering station di desa Semare, kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan. Sementara untuk PAD Sampang nol pemasukan,”Tambahmya.(jk/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *