Empat Tahun Laporan Dugaan Korupsi Mandek

  • Bagikan
Ilustrasi

BARITO UTARA, Newsrepublik.com- Mandeknya kasus laporan dugaan tindak pidana korupsi oknum Kepala Desa (Kades) Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, yang dilaporkan warga ke Penegak Hukum menuai pertanyaan publik. Pasalnya sudah empat tahun perkara tersebut mandek belum ada perkembangan. lalu bagaimana tanggapan Inspektorat Barut.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, laporan dugaan tindak pidana korupsi oknum kades Jangkang Baru tersebut, dilaporkan pada bulan Desember 2016 lalu sudah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Barito Utara, bahkan sudah dilakukan pemanggilan terhadap oknum kades dan perangkat Desa Jangkang Baru dan saksi-saksi untuk mengungkap kasus tersebut, namun sampai sekarang belum ada kepastian hukum.
Terungkapnya kelalaian dan lambannya penanganan kasus dugaan korupsi oknum Kades Jangkang Baru berdasarkan hasil investigasi wartawan ini berdasarkan hasil pemeriksaan khusus (Riksus) dari auditor yang sudah dilakukan Inspektorat adanya dugaan temuan ratusan juta dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan tahun anggaran 2016 yang sudah diserahkan ke Kejari Barut.
Saat dikonfirmasi kepada Irban II Inspektorat Barut, Sumartono mengatakan, Kasus dugaan korupsi di Desa Jangkang Baru masih dalam proses, karena kita terkendala dengan surat berita acara klarifikasi yang kita berikan ke Kades sampai sekarang belum di berikan ke Inspektorat.
” Kita tidak bisa melakukan upaya paksa agar Kades memberikan surat berita acara semacam pengakuan anggaran dana tersebut, karena tidak ada kewenangan kita itu,” ungkap Sumarto diruang kerjanya, Kamis 24/09/2020.
Lanjutnya, kita sudah berupaya menghubungi yang bersangkutan lewat telepon meminta kapan surat berita acara pengakuan itu diserahkan katanya masih belum.
” Selain kendala kades tidak koperatif kendala kita juga masalah pandemi covid-19 yang oleh pimpinan tidak dibolehkan melakukan kegiatan dinas keluar,” terangnya.
Disinggung wartawan untuk kasus dugaan korupsi oknum Kades Jangkang Baru sudah empat tahun berjalan dan berdasarkan investigasi berkasnya sudah siap untuk dilimpahkan tinggal menunggu surat berita acara pengakuan penggunaan anggaran tahun 2016 dari Kades.
“Iya, kalau itu kita juga masih menunggu surat dari Kades dan kita ada tim yang menangani jadi tetap kita proses dan proses itu masih berjalan,” timpal Sumarto mengakhiri pembicaraannya.(iwan/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: