Harga Karet Turun Draktis, Petani Karet Barito Utara Mengeluh

  • Bagikan

MUARA TEWEH, terbitan.com – Perkembangan produksi komoditas petani karet bersaing dengan buah kelapa sawit, namun karet anjlok alias turun cukup untuk bertahan hidup para petani karet, yang berada di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah mengeluhkan karena nilai harga jual getah karet yang sangat murah sekali hasil karet yang mereka sadap dibawah harga rata-rata dibeli oleh pihak pembeli yang biasa datang untuk membeli karet.

Adan, Salah satu warga Desa Hajak,kecamatan Teweh Baru,Barito Utara menerangkan, Nilai harga jual getah karet di daerah Desa hajak saat ini lebih rendah.

Untuk harga pasaran saat ini nilai jual getah karet tahun 2020 sekitar Rp 5000 per/Kg, padahal harga sebelumnya tahun 2009 sebesar Rp 18.000 per/kg dan itu cukup lumayan bagi para petani karet,”ucap Adan Selasa 25/02/2020

Menurut Adan, sejak beberapa bulan terakhir ini nilai jual getah karet ke pihak pengepul mengalami penurunan harga yang sangat drastis dalam per Kg, sehingga membuat sejumlah petani yang ada di Kab. Barito Utara mengeluh karena penghasilan yang diperoleh dari menyadap tidak mencukupi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah dapat menaikan harga karet,” ucapnya

Sementara itu Oom panggilan sehari hari sebagai pengepul getah karet mengatakan, turunnya harga getah karet ini sudah terjadi sebulan terakhir ini.

“Dampak dari turunnya harga getah karet ini sangat terasa. Bila harga getah karet mahal banyak petani yang menjual getah karet nya, biasa terkumpul dari para petani sampai beberapa ton getah karet, tapi semenjak getah karet kembali anjlok paling banyak beberapa pikul saja. Turunnya penjualan getah karet ini akibat dari harga yang mulai anjlok ditambah kondisi kemarau sehingga getah tidak keluar,” ungkapnya.

Ditambahkan Adan lagi berharap kepada ” Pemerintah Kab. Barito Utara dan Pemerintah Pusat Melalui Presiden Ir. Joko Widodo yang berada di Jakarta, agar bisa menstabilkan nilai harga jual getah karet yang ada di Das Barito khususnya Kalimantan Tengah umumnya bisa sebanding dengan harga barang barang yang sekarang serta mengikuti harga kebutuhan bahan sembako.” ungkap Adan.

“Kalau harga getah karet stabil otomatis para petani mampu memenuhi kebutuhan pokoknya dan sejahtera,” pungkasnya.(Iwan)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: