Lima Hari Data SIPKD Sampang Kena Hecker

Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sampang.

SAMPANG,Newsrepublik.com- Sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD) di kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sampang, sudah lima hari terserang hecker, hal ini mengakibatkan semua data keuangan tahun 2020 hilang tidak bisa diakses. Pasalnya akibat serangan hecker tersebut semua dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Sampang harus melakukan imput ulang dokumen keuangan tahun anggaran 2020.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sampang, Saryono melaui, Maulidi Kabid anggaran BPKAD Kabupaten Sampang, ia membenarkan jika SIPKD kena hecker sudah 5 hari lalu yakni mulai hari Jum’at kemaren. Selasa (8/9/20).

Bacaan Lainnya

“Akibat ganguan tersebut sehingga semua Dinas harus meng-upload ulang data laporan keuangan, hal itu tidak semua hanya data beberapa hari saja, seperti RKA dan laporan keuangan saja, insha Allah dalam seminggu kedepan sudah selesai, maaf ya mas ini saya masih ada di Surabaya” tutupnya melalui sambungan telepon.

Sementara ditempat terpisah, Yulis Juwaidi Sekretatis dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, saat dikonfirmasi terkait ganguan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah di BPPKAD Sampang, ia membenarkan dan baru diberitahu kemaren oleh staf saya, bahkan informasinya semua dinas di Kabupaten Sampang termasuk Dinas perhubungan harus melakukan imput ulang dokumen yang berhubungan dengan keuangan, termasuk data rencana kerja dan anggaran (RKA), SPD, setoran PAD, dan lain-lain tahun anggaran 2020.

“Jadi gangguan aplikasi tersebut harus membuat staf kami lembur dan ini juga bagian dari tanggungjawab tugas kami dan akan kita cicil ditargetkan satu minggu kita selesai, dan hal ini sepengetahuan saya baru kali pertama kejadian ganguan seperti ini.(kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan