Pemkab Bondowoso Menjadi Pusat Pembelajaran Pertanian Vanili Oleh Pemkab Jembrana Bali

BONDOWOSO, Terbitan.com – Kedatangan rombongan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, provinsi Bali, mengunjungi Kabupaten Bondowoso, tepatnya ke Dinas Pertanian, Selasa (10/3/2020).

Rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Irwam Bachtiar Rahmat, Kepala Dinas Pertanian Dwi Wardana, dan Ketua Asosiasi Vanili Indonesia Siginting.

Bacaan Lainnya

I Made Kembang Hartawan, Wakil Bupati Kabupaten Jembrana, saat dikonfirmasi mengatakan, kedatangannya ke Bondowoso untuk melihat secara langsung, praktek pertanian vanili di Bondowoso.

Terlebih, selama ini Ketua Asosiasi Vanili Indonesia Siginting, yang tak lain orang Bondowoso sudah seringkali melatih petani di Jembrana terkait budidaya vanili..

“Khusus saya datang kesini untuk belajar lebih tekhnis dan detail secara langsung petani vanili. Karena disini P. Ginting adalah pengurus vanili Indonesia dan sering datang ke Jembrana untuk memberikan motivasi, pelatihan kepada petani-petani kami di Jembrana,” katanya.

Rombongan tersebut sangat antusias mempelajari secara langsung vanili di Bondowoso. Terlabih, sebagaimana dikutipnya dari obrolan bersama Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bahwa vanili di Bondowoso akan diwacanakan untuk menjadi salah satu komiditi unggulan.

“Tentu kami ingin melihat secara langsung. Bahwa, vanili disini juga cukup baik. Saya dengan juga dari Pak Wabup, bahwa komiditi Vanili ini akan menjadi komiditi unggulan. Luar biasa disini,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, menerangkan, dengan adanya kunjungan ini, justru akan membuat pihak terkait lebih intens untuk membumikan bagaimana Bondowoso sebagai pusatnya dan lumbungnya vanili.

Bahkan, tanaman vanili bisa menjadi produk unggulan ke dua setelah kopi di bumi Ki Ronggo ini.

“Pertama saya terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang sudah menjadikan Bondowoso sebagai tempat tujuan untuk belajar bidang perkebunan vanili. Saya juga terimakasih kepada Pak Siginting sebagai Ketua Asosiasi Vanili Indonesia, yang kebetulan juga orang Bondowoso, dan betul-betul bisa membawa nama Bondowoso,” urainya.

Selain berbicara banyak hal tentang vanili kata Wabup Irwan, juga disampaikan sejumlah potensi lain di Bondowoso, baik di bidang peternakan, perkebunan, mau pun pertanian.

“Tadi saya sudah sampaikan juga punya unggulan lainnya. Disini juga punya peternakan, dan bidang lainnya yang memang Pemkab Jembrana harus mengetahui secara utuh mengenai potensi yang ada di Bondowoso. Sehingga Bondowoso bisa menjadi tempat rujukan mereka belajar baik di bidang peternakan dan bidang lainnya,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan