Pemkab Sumenep Intensifkan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

  • Bagikan
salah satu dokter saat memeriksa hewan kurban

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai intensifkan pengawasan kesehatan hewan kurban.

“Seminggu terakhir ini kami telah keliling ke pasar hewan kecamatan-kecamatan untuk memeriksa kesehatan hewan,” ujar Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, drh. Zulfa, Jumat (17/7/2020).

Zulfa menuturkan, selain di pasar hewan, pihaknya juga memantau kesehatan hewan disejumlah tempat penjualan hewan kurban di wilayah kecamatan Kota. Ada empat titik penjualan hewan kurban yang sudah mulai memasarkan hewan kambing yakni dua titik di jalan Urip Sumoharjo, jalan Lontar Pangarangan, dan jalan Payudan Pabian.

“Hingga saat ini, semua hewan yang dipasarkan sehat-sehat. Baik sapi maupun kambing,” katanya.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban hingga Idul Adha. Jika nanti ditemukan hewan kurban yang terindikasi terkena penyakit, akan diberikan obat sesuai penyakitnya.

“Semua hewan kurban tersebut harus dipastikan sehat sebelum disembelih agar konsumen atau masyarakat yang memakan daging itu juga tetap sehat,” imbuhnya. (zola/kh).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: