Penyembelihan Hewan Kurban Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan

Hendra Gunawan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dispertan Sampang


SAMPANG, NewsRepublik.com –
Menjelang hari raya kurban atau hari raya Idul Adha 1441 H yang kurang 2 hari lagi yaitu pada hari Jumat, 31 Juli 2020 mendatang. Dinas pertanian (Dispertan) Sampang, mengimbau penyembelihan hewan kurban juga harus mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19 yang semakin merebah di sejumlah wilayah, khususnya di Kabupaten Sampang.
Di tengah pandemi covid-19 ini, pelaksanaan hari raya Idul Adha ada perbedaan seperti tahun-tahun sebelumnya, termasuk saat proses penyembelihan hewan kurban.

Seperti yang sampaikan Dinas pertanian (Dispertan) Sampang, melalui Kabid peternakan dan kesehatan hewan, Hendra Gunawan mengatakan ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi untuk mencegah penularan virus Covid-19.
“Ada tiga aturan protokol kesehatan yang kami terapkan, seperti imbauan dari pemerintah daerah yaitu panitia kurban waktu pemotongan harus menggunakan masker dan menggunakan sepatu bot serta harus menjaga jarak antar panitia,” terang Hedra saat ditemui, Rabu (29/7/20).
Selain itu, pihaknya (Dispertan) sampang, sudah membentuk tim khusus untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang tersebar di setiap Kecamatan di Kabupaten Sampang, agar memudahkan masyarakat mengecek kesehatan hewan kurbannya.

Bacaan Lainnya

“Di masing-masing Kecamatan ada satu tim yang terdiri dari dua orang petugas, melibatkan satu dokter hewan dan satu para medis, untuk pengecek kesehatan hewan kurban di wilayah tersebut,” bebernya.

Sementara saat ditanya terkait pola penerapan dari tim pemeriksa kesehatan hewan kurban yang ada di lapangan. Pihaknya akan mendatangi tempat pemotongan hewan kurban serta pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa. Untuk melakukan pemeriksaan di bawah.

“Selain mendatangi Masjid atau Musholla, pihaknya juga menunggu laporan masyarakat yang datang ke Puskeswan untuk mengecekkan kesehatan hewan kurbannya,” pungkasnya. (Jk/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan