Prioritas Program ADK Sampang Pembangunan Fisik

Yudhi Adidarta, Camat Kota Sampang

SAMPANG, NewsRepublik.com- Sempat menuai kontroversi di tahun 2019, program Alokasi Dana Kelurahan (ADK) Kecamatan Sampang, mencapai 7,2 Miliar di tahun 2020. Dan tidak ada pemotongan untuk bantuan covid-19. Hal itu diungkapkan Camat Kota Sampang Yudhi Adidarta sudah sesuai dengan Juknis dan Juklak program tersebut.

Menurut Yudi, dari anggaran 7,2 Miliar tersebut, sebanyak 2 M lebih itu merupakan anggaran dari pusat, sementara untuk sisanya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sampang.

Bacaan Lainnya

“Sekitar 2 M lebih itu dari pusat sementara sisanya dari APBD Sampang, yaitu sekitar 800 juta per kelurahan,” ungkap Yudi, Selasa (08/9/20).

Selain itu, program ADK di tahun 2020 di alokasikan menjadi 38 kegiatan pembangunan fisik dan sebagian saat ini sudah mulai direalisasikan, di mana dari 38 kegiatan tersebut semuanya di kelola secara kontraktual. Selain secara kontraktual program tersebut juga bisa secara swakelola.

“Untuk pelaksanaannya kita masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu secara kontraktual, secara pagu dan nilai anggaran bisa lelang, juga bisa penunjukan langsung (PL),” tegasnya.

Di lain sisi saat ditanya terkait program tersebut karena terkesan hanya untuk pembangunan fisik, sementara untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi sangat minim. Pihaknya menjawab hal itu memang sudah sesuai dengan pengajuan masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui pengajuan program ADK sudah sesuai pengajuan masyarakat, dengan melakukan Musrembang terlebih dahulu. Untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat hanya sekitar 10% (persen) sementara sisanya untuk pembangunan fisik,” tegasnya.

Lebih lanjut Yudhi mengatakan, sementara untuk tim pelaksana (Kontraktor) yang mengerjakan kegiatan tersebut, pihaknya masih tetap memilih satu kontraktor untuk menjadi komando kontraktor yang lain.

“Pemilihan itu bukan kami yang menunjuk, yaitu dari kesepakatan CV yang lain dengan melakukan musyawarah. Siapa yang akan menjadi komando, yang nantinya untuk mempermudah dalam berkoordinasi,” pungkasnya. (Jk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan