Puluhan Pulau Tak Berpenghuni di Sumenep Rentan Dicaplok Kabupaten Lain

  • Whatsapp
Kepala perpustakaan dan kearsiban Pemkab Sumenep, Ahmad Masuni

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memiliki 126 pulau. Dari 126 pulau itu sebanyak 48 pulau berpenghuni dan 78 pulau tidak berpenghuni.

Dari 78 pulau yang tidak berpenghuni itu rentan diambil oleh daerah lain. Pasalnya hingga saat ini puluhan pulau itu belum memiliki bukti otentik di arsip Pemkab Sumenep. Hal itu diakui oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsiban Pemkab Sumenep, Ahmad Masuni.

Bacaan Lainnya

“Hingga saat ini memang belum ada bukti otentik dari pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu. Misalnya, semacam sertifikat, itu belum ada,” kata Ahmad Masuni, Kamis (15/10/2020).

Untuk itu, terangnya, ke depan Pemkab Sumenep akan mendatangi pulau-pulau teraebut utamanya pulau yang tidak ada penghuninya guna memastikan apakah pulau itu masih ada atau sudah tenggelam.

“Setelah itu nanti akan kami bicarakan, apakah mau dibuatkan serifikat atau seperti apa bahwa pulau itu merupakan milik Pemkab Sumenep,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, jika tidak ada upaya serius dari pemerintah untuk menertibkan aset termasuk pulau yang tidak berpenghuni itu dikhawatirkan akan diakui oleh daerah lain. Mengingat, pulau-pulau terluar di Kabupaten Sumenep secara geografis banyak yang dekat dengan daerah lain.

“Ini juga menghindari terjadinya pencaplokan dari daerah lain,” tukasnya. (zola/kh).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *