Rutan Sumenep Ikutkan 40 Warga Binaan Program Kejar Paket

  • Bagikan
Kantor Rutan Klas II B Sumenep

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengikutkan 40 warga binaan program kejar paket A, B dan C. Program tersebut bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat.

“Program ini merupakan yang perdana dilaksanakan. Ada sekitar 40 warga binaan yang ikut,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Sumenep, Viverdi Anggoro, Senin (14/9/2020).

Ia menyampaikan, program tersebut berawal dari keinginan Rutan. Dimana, warga binaan yang menjalani vonis hakim tidak hanya menunggu waktu bebas, melainkan ada sesuatu yang diperoleh.

“Mereka bisa mendapatkan kenang-kenangan dari sini, berupa ijazah. Kebetulan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep memiliki program belajar mengajar di semua lini. Makanya kami bangun kerjasama itu,” ujarnya.

Dari sekitar 40 orang itu, mereka mengikuti program kejar paket A, B dan C. Untuk A itu yang setara SD, paket B setara SMP dan C setara SMA.

“Kami harapkan, peserta kejar paket ini tidak hanya saat berada di Rutan. Kalau peserta sudah keluar atau bebas, dipersilahkan untuk melanjutkan di SKB Dinas Pendidikan,” harapnya.

Sementara tutor dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Siti Aminah Rahman, S.pd, saat ditemui disela-sela memberikan materi pembelajaran mengatakan, meskipun mereka ada di dalam rutan, mereka tetap berhak mendapatkan pembelajaran yaitu dengan program merdeka belajar.

“Jadi pembelajaran itu memang di khususkan bagi semua kalangan, termasuk warga binaan. Ada 10 tutor yang kami siapkan untuk tiga kejar paket itu,” tukasnya. (zola/kh).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: