Sambut Lebaran, Warga Jadung Sumenep Sembelih Seekor Sapi

                           
NewsRepublik.com - Rabu, 12 Mei 2021 - 12:36 WIB
Sambut Lebaran, Warga Jadung Sumenep Sembelih Seekor Sapi
Warga saat sembelih sapi hasil patungan di Sumenep ()
Penulis
|
Editor

SUMENEP,Newsrepublik.com-Cara yang dilakukan warga Desa Jadung, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H cukup unik. Buktinya, mereka patungan guna membeli sapi untuk disembelih di hari kemenangan tersebut.

Patungannya tidak banyak, hanya Rp 3 ribu rupiah per minggunya selama beberapa bulan dari 100 anggota tersebut. Setiap anggota akan mendapatkan daging sapi seberat 1 kg lebih.

“Dengan cara seperti ini tidak ada lagi istilah harga daging mahal, semua warga yang ikut bergabung di perkumpulan Al- Hidayah bisa menikmati daging segar di hari lebaran ini”, kata ketua perkumpulan Al-Hidayah, Mufidul
Wara, Rabu (12/5/2021).

Menurutnya, uang yang sudah terkumpul dari para anggota itu bisa disimpan-pinjamkan ke anggota sebelum hari raya. Setelah menjelang lebaran, uang tersebut harus dikembalikan guna dibelikan sapi sesuai uang yang terkumpul.

“Gotong royong seperti ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk membeli langsung daging saat menjelang lebaran. Jadi, mereka mengumpulkan uang sedikit demi sedikit,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang anggotanya, Muhammadung mengaku sangat senang. Sebab, dengan cara patungan seperti ini, dirinya tidak usah repot datang ke pasar untuk mencari daging.

“Alhamdulillah ini sangat membantu, ditambah dagingnya Sangat segar, lengkap dengan jeroannya juga,” tuturnya. (Zola/kh)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X