Satlantas Gandeng Karang Taruna Sukseskan Keselamatan Berkendara dan Prokes

  • Bagikan
Petugas Satlantas Polres Situbondo saat memberikan arahan kepada puluhan pemuda Karang Taruna Desa/Kecamatan Jatibanteng Rabu (7/4). (moh raihan)

SITUBONDO,Newsrepublik.com-Jajaran Satlantas Polres Situbondo secara resmi mengandeng puluhan pemuda Karang Taruna yang ada di Desa Jatibanteng untuk ikut terlibat dalam sosialisasi keselamatan berkendara dan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19, Rabu (7/4/21). Acara dua lembaga itu dipusatkan di Balai Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng. Kades setempat bersama seluruh jajaran staf Desa setempat ikut menyaksikan kegiatan tersebut.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Anindita Harcahyaningdyah mengatakan, kegiatan sosialisasi masuk dalam tupoksi Dikmas. Untuk itu, ujar Anindita, kegiatan melibatkan Kanit Dikyasa Aiptu Siswanto beserta anggota Unit Dikyasa serta puluhan kalangan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng. “Kami bersyukur karena acara sejak dibuka sampai selesai berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Anindita, disela sela acara sosialisasi kemarin.

Masih menurut Kasat Lantas Anindita, kegiatan Dikmas Lantas sengaja mengandeng kaum milenial yakni para pemuda Karang Taruna dengan harapan ada hasil maksimal dari sosialisasi tersebut. Kata Anindita, para pemuda Karang Taruna juga menerima materi tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan. “Materi yang telah diterima itu, diharapkan untuk disebarluaskan kepada masyarakat lain yang ada di Desa Jatibanteng. Tujuan Dikmas Lantas ini juga untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan usia kalangan remaja,” jelas Anindita.

Anindita kembali menerangkan, saat ini setiap hari masih banyak masyarakat yang mengabaikan keselamatan dalam berkendara. Misalnya saja, ungkap Anindita, ditemukannya pengendara tidak memakai helm, melanggar rambu lalu lintas, berkendara sambil menggunakan Android serta berboncengan motor lebih dari dua orang. “Selain itu masih banyak catatan pelanggaran yang lain,“ jelas perempuan dengan tiga balok dipundaknya tersebut.

Selain melakukan sosialisasi keselamatan berkendara dan prokes, sambung Anindita, Unit Dikyasa juga memberikan sarana kontak berupa helm, tas, jas hujan dan masker kepada para pemuda yang aktif dan bisa menjawab pertanyaan seputar lalu lintas. Para puluhan pemuda Karang Taruna Desa Jatibanteng sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, mereka juga tahu tata cara berkendara yang tertib dan benar. (han/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: