TP-PKK Dilantik, Bupati Situbondo Minta Berdayakan dan Sejahterakan Keluarga

  • Bagikan
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melantik pengurus TP-PKK Kabupaten Situbondo periode 2021-2026 di Pendopo Kamis (8/4). (moh raihan)

SITUBONDO,Newsrepublik.com-Bupati Situbondo Karna Suswandi secara resmi melantik susunan kepengurusan TP-PKK Kabupaten Situbondo masa bakti lima tahun kedepan, 2021-2026, Kamis (8/4/21). Prosesi pelantikan digelar di pendopo kabupaten, dengan dihadiri jajaran Forkopimda, pimpinan OPD, para Kabag dan Camat serta jajaran perwakilan Kepala Desa. Acara pelantikan pengurus TP-PKK Situbondo dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan PT Amarta, Bank Jatim dan lima elemen lembaga terkait.

Menurut Bupati Karna Suswandi, saat ini jumlah penduduk Kabupaten Situbondo angkanya lebih banyak dari kaum perempuan. Untuk itulah, kata Bupati Karna, ia meminta pengurus TP-PKK Kabupaten Situbondo untuk terus memberdayakan keberadaan kaum perempuan mulai saat ini hingga masa mendatang. “Termasuk juga TP-PKK dituntut untuk menciptakan peningkatan UMKM dikalangan kaum perempuan Situbondo,” pinta Bupati Karna, disela-sela arahannya kemarin.

Masih kata Bupati Karna, semua masyarakat harus bersyukur dengan banyaknya jumlah kaum perempuan dibanding kaum lelaki. Karena, ulas Bupati Karna, jika jumlah kaum lelaki lebih mendominasi maka akan terjadi saling perebutan kaum perempuan. “Saya minta TP-PKK bisa memberdayakan ibu ibu dilapangan. Saya tahu tugas TP-PKK ini sangat banyak. Untuk itu seluruh OPD diminta membantu tugas pokok fungsi TP-PKK yang memiliki empat kelompok kerja (pokja). Itu juga bagian dari tugas OPD kepada PKK, maka dari itu harus disuport disemua tupoksi pokja-nya,” kupas Bupati Karna.

Tugas utama TP-PKK ini, lanjut Bupati Karna, dalam rangka untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat. Meski tugas TP-PKK melingkupi seluruh OPD, namun semuanya harus mengarah kepada tupoksi TP-PKK yakni memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. “Dalam hal ini kami mengadakan MoU dengan tujuh pihak, juga untuk memberdayakan ibu ibu yang ada di Kabupaten Situbondo. Ini bukan tugas ringan, karena muara tugas TP-PKK Kabupaten Situbondo adalah memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Situbondo. Tentunya melalui ibu ibu ini,” urai Bung Karna.

Dalam pandangan Bung Karna, jika tugas OPD sukses namun masih belum bisa memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat maka keberhasilan tugas itu akan sia sia. Untuk itu, ungkap Bung Karna, momentum pelantikan pengurus TP-PKK dan MoU tujuh pihak ini sangat strategis karena bisa mengangkat harkat martabat ibu ibu yang ada di pedesaan. “Ini akan menjadi luar bisa, manakala ibu-ibu memiliki kekompakan dan kebersamaan untuk mewujudkan tujuan pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Inilah yang harus menjadi misi terdepan didalam mengentaskan kemiskinan masyarakat Situbondo. Salah satu caranya dengan mewujudkan program Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya),” pungkas mantan Plt Bupati Pemkab Bondowoso itu. [han/kh]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: