Uji Tes Kekuatan Jembatan Muara Teweh – Jingah

  • Bagikan
Bupati Barito Utara,Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng dan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Barito Utara, saat menyaksikan Loading test jembatan Muara Teweh - Jingah di Barito Utara

BARITO UTARA,Newsrepublik.com- Uji tes kekuatan Jembatan Muara Teweh – Jingah, dihadiri langsung Bupati Baritu Utara, Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng dan Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Barito Utara. Jembatan dengan bentang 418,21 meter dan lebar 5 meter serta bentang tengah 120 meter. Sabtu (24/10/20).

Pekerjaan Jembatan Muara Teweh-Jingah yang dibangun sejak tahun 2015 telah mencapai hampir 100%, dimana direncanakan akan dibuka untuk secara umum pada bulan Desember 2020.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng, Shalahuddin saat menyaksikan uji coba itu mengatakan, uji kelayakan jembatan atau loading test untuk mengetahui kekuatan jembatan sebelum dibuka untuk umum.

Shalahuddin menjelaskan selain uji coba kendaraan, nantinya juga akan dilakukan kajian oleh tim ahli.
“Dengan selesainya jembatan ini diharapkan dapat menghemat waktu dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Barito Utara dan sekitarnya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Barito Utara H Nadalsyah, mengatakan bahwa loading test dilaksanakan untuk menjawab kepercayaan dari masyarakat bahwa jembatan mampu dilewati beban berat.
“Jembatan merupakan tipe C dengan beban maksimal 110 ton. Rugi bilamana jembatan hanya digunakan oleh pejalan kaki,” ungkap H. Nadalsyah.
Ia juga berharap agar loading test berhasil, sehingga masyarakat tidak was-was dalam melintasi jembatan.
“Meskipun lolos dari uji coba, kami akan membuat Peraturan Bupati bahwa yang melintasi jembatan adalah kendaraan roda 2 dan 4. Kecuali ada hal-hal secara khusus dapat dilewati oleh kendaraan roda 6/dump truck,”ucapnya.(Wan/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: