Petisi MTD Trunojoyo Pahlawan Nasional

Pembacaan Petisi di tempat kelahiran Pangeran Trunojoyo, Jalan Pahlawan gang 7, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang

SAMPANG,Newsrepublik.com– Peran tokoh Pangeran Trunojoyo asal Sampang saat mengusir penjajah di Nusantara. Terus diingat oleh komunitas Madoera Tempo Doeloe (MTD) Kabuparen Sampang. Bahkan melalui petisi MTD meminta Presiden Republik Indonesia ir. H. Joko Widodo segera memberikan gelar pahlawan nasional.

Penyampaian petisi tersebut dilakukan di tempat Pebabaran Trunojoyo, (tempat kelahiran Trunojoyo) di Jalan Pahlawan gang 7, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.Minggu (19/7/20).

Bacaan Lainnya

Hadir pengurus MTD Sampang, Tokoh masyarakat dan kyai setempat, perwakilan anggota DPRD Sampang komisi IV, perwakilan Disporabudpar Sampang dan sejumlah tokoh pemuda.

Salah satu koordinator MTD Sampang, H. Daiman saat ditemui disela acara tersebut, ia mengatakan kami bersama elemen masyarakat Madura sudah lama memperjuangkan dan pengusulkan bahwa pangeran Trunojoyo segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional, namun upaya tersebut hingga saat ini masih belum berhasil.

“Bahkan terakhir kami juga bertemu dengan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Sri Sultan Hamengkubuwana X Yogyakarta, agar aspirasi kami sebagai rakyat Madura menginginkan penetapan gelar Pahlawan pada Pangeran Trunojoyo yang jelas-jelas ikut pengusir penjajah di bumi Nusantara ini”.Pungkasnya.

Kami berharap pada Presiden Republik Indonesia saat ini, Ir. H. Joko Widodo segera menetapkan Pangeran Trunojoyo sebagai pahlawan Nasional.harapnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan data yang berada lokasi di Pebabaran Trunojoyo, Dinas P&K Prov Jatim, Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Sampang Kota. Pebabaran merupakan tempat kelahiran Raden Trunojoyo sangat mudah dijangkau. Dari Masjid Jamik Sampang hanya sekitar 200 meter ke timur. Tempat itu dikenal dengan nama Pebabaran yang sekaligus dijadikan nama kampung.

Berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah. Tertulis dilokasi Pebabaran, Pangeran Trunojoyo yang bergelar Panembahan Maduratna, lahir di Kampung Pebabaran, Sampang tahun 1649 M, gugur di Kraton Surakarta tahun 1680 M.(kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan