Sidang Pidato Kenegaraan Presiden, Banyak Anggota DPRD Bangkalan Tak Hadir

sejumlah anggota DPRD Bangkalan saat mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI

BANGKALAN,Newsrepublik.com– Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia digelar hari ini, Jumat 14 Agustus 2020. Seluruh pejabat di seluruh daerah di Indonesia menyaksikan secara live pidato tahunan tersebut, termasuk anggota DPRD.

Namun ada yang berbeda di Kabupaten Bangkalan. Banyak anggota dewan yang tidak hadir dalam sidang dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia itu.

Bacaan Lainnya

Dari 50 anggota DPRD Bangkalan, hanya 27 anggota yang hadir selebihnya dari beberapa Forkopimda. Mulai dari Bupati, Polres hingga Kejari Bangkalan.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Bangkalan, Fadhur Rosi menyayangkan hal itu. Padahal menurut dia, semua anggota diundang, namun yang hadir hanya 27 anggota.

“Saya sangat menyayangkan kepada anggota dewan karena banyak yang tidak hadir,” ujarnya.

Rosi mengaku memang tidak ada aturan yang mengikat tentang tingkat kehadiran pada kegiatan tersebut. Namun, karena untuk mengenang jasa leluhur pahlawan Republik Indonesia, maka seharusnya diprioritaskan.

“Ini acara kenegaraan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia. Jadi seharusnya hadir. Presiden menyampaikan penanganan Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad menyampaikan, acara dengar pidato kepresidenan pada dasarnya wajib bagi anggota DPRD Bangkalan, karena semua diundang tanpa terkecuali.

“Menurut absensi ada 27 yang hadir. Tapi acara ini wajib sebetulnya,” kata Ra Fahad, sapaan akrabnya.

Namun demikian, Ra Fahad memaklumi jika anggota lain yang tak hadir. Karena mereka juga memiliki kepentingan dengan konstituennya di daerah masing-masing. Mengingat sebentar lagi akan menyambut peringatan hari kemerdekaan.

“Mungkin sibuk dengan konstituennya di Dapil masing-masing. Jika keperluan mendesak ya kita juga repot,” ucap dia. (San/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan