Delapan Miliar Lebih BOS Afirmasi di Sampang

SAMPANG,Newsrepiblik.com- Sebanyak 147 Lembaga Sekolah Dasar (SD) di kabupaten Sampang akan terima tambahan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja senilai Rp.8.760.000.000 Juta. Dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun anggaran 2020.

Langkah ini dilakukan untuk membantu pembiayaan kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi dari dana BOS reguler.

Disdik Sampang, melalui Kasi Pembinaan dan Kelembagaan SD, Abd Rahman mengatakan, peruntukan dari dana itu realisasinya sama seperti dana BOS reguler, sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing sekolah.

“Peruntukannya sama Seperti dana BOS reguler. Misalnya untuk honor guru, belanja ATK, belanja IT, Rehab, dan Belanja buku,” jelasnya, Senin (5/10/20).

Lanjut Rahman mengatakan, selain untuk menunjang kebutuhan di atas, karena saat ini masa pandemi virus Corona (Covid-19). Pihak lembaga juga bisa mengalokasikan dana tersebut, untuk pembelanjaan kebutuhan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, sesuai yang dibutuhkan.

Dari akumulasi keseluruhan dana itu, per-lembaga nantinya akan menerima sekitar RP.60 Juta per tahun. Di mana proses penyalurannya langsung dari Kementerian Keuangan ke rekening sekolah.

“Penerima BOS Afirmasi dan kinerja ini, memang di peruntukan untuk kriteria sekolah dengan proporsi siswa dan siswi dari kalangan keluarga miskin dan Lembaga sekolah dengan penerima dana BOS reguler rendah,” ungkapnya.

Selain itu, untuk penerima dana Afirmasi dan Kinerja yang menentukan murni ditunjuk oleh Kemendikbud melalui data Dapodik. Bukan usulan dari Disidik Sampang.

Pihaknya berharap dengan adanya dana BOS Afirmasi dan Kinerja bisa membantu memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan untuk menunjang proses KBM. Pihaknya juga berharap di tahun yang akan datang dana tersebut bisa mencakup semua lembaga pendidikan yang berada di pelosok.

Sekedar informasi, untuk penyaluran Dana BOS Afirmasi dan Kinerja akan dicairkan pada Triwulan ke IV, yakni pada Bulan Oktober, November dan Bulan Desember akhir tahun 2020. (Jk/kh)

Tinggalkan Balasan