Mahasiswa UTM Asal Papua Isi Waktu Bertani

Bertani: Masiswa UTM asal Papua saat isi waktu kosong dengan bertani

BANGKALAN, Newsrepublik.com- Ditengah pandemi corona, Argunia Cristal Kurni (22), mahasiswa jurusan teknologi industri pertanian, semaster 8 di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bangkalan, asal papua manfaatkan waktu kosongnya dengan cara bertani di belakang rumah kos di sekitas Kampus.

Argunia berhasil mengajak mahasiswa Papua yang lain, untuk bergabung dalam bertani setelah mengetahui kesuburan tanah di Madura.

Bacaan Lainnya

“saat ini tidak ada kegiatan kampus disebabkan Corona, bersama teman Papua yang lain waktu kosong saya manfaatkan lahan kosong belakang kos untuk bertani, karena tanah di Madura tergolong subur”, ucapnya. Sabtu (20/6/2020)

Argunia mencontohkan, untuk membutikan pemanfaatan lahan kosong dengan penanaman biji sawi dan kangkung.

“alhasil, satu minggu penanaman biji sawi dan kangkung tumbuh subur, tak ada hama yang menghalangi pertumbuhan sawi dan kangkung ini”, terangnya.

Dengan cara seperti itu dirinya menunjukkan kepada masyarakat, agar masyarakat lebih giat dalam bertani, serta pemanfaatan lahan kosong miliknya.

Dia sangat menyangkan melihat jumlah banyaknya lahan kosong yang ditemui sekitar kampusnya tak dikelola oleh pemiliknya. Seandainya dikelola dengan serius bagus lahan kosong itu bisa menghasilkan sayur maupun tanaman lain.

Selain itu mahasiswa asal Papua ini berharap dengan adanya kegiatan pengembangan ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya.(MUZ/KH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan