Tahun Ajaran Baru, Sampang Terapkan Metode Daring dan Luring

  • Whatsapp
Ahmad Mawardi Kabid Pembinaan SD, Disdik kabupaten sampang

SAMPANG, NewsRepublik.com – Memasuki tahun ajaran baru di tengah pandemi wabah virus corona (Covid-19). Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di kabupaten sampang menerapkan 2 (Dua) sistem proses belajar siswa.

Dari ke-2 sistem tersebut yaitu menggunakan sistem Dalam jaringan (Daring) dan menggunakan Luar jaringan (Luring) di mana dari kedua metode KBM tersebut memang sudah anjuran dari Kemendikbud selama pandemi wabah virus corona (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Dari kedua metode di atas prosesnya KBM yang di terapkan itu sangat jauh berbeda. Dimana Daring itu sendiri proses belajar harus menggunakan media elektronik seperti HP dan laptop dan harus menggunakan aplikasi yang sudah di tentukan oleh guru (Belajar menggunakan sistem online).

Sementara Luring itu sendiri seorang guru harus mendatangi siswa didiknya ke-rumah masing-masing dan harus mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Seperti yang di sampaikan Dinas Pendidikan (Disdik) sampang, melalui Kabid pembinaan SD, Ahmad Mawardi yang didampingi oleh Rahmad Ariyanto Kasi kurikulum SD. Menurut dirinya ke-2 sistem tersebut baru masa uji coba untuk di terapkan di kabupaten sampang.

“Untuk di kabupaten sampang sendiri metode Daring dan Luring itu sendiri baru di terapkan semenjak tahun ajaran baru kemarin,” ungkap Rahmad Ariyanto, Kamis (16/7/20)

Selain itu, pihaknya mengaku lumayan kesulitan dalam penerapan dari kedua metode tersebut. Karena mayoritas siswa tidak memiliki HP ataupun Laptop sebagai penunjang dari KBM online tersebut.

“Lumayan sulit karena kebanyakan siswa yang ada daerah pelosok itu tidak memiliki HP dan Laptop. Jadi langkah yang kami ambil siswa yang memiliki media elektronik memberitahukan temannya agar mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya,” pungkasnya. (jk/kh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *