Zona Kuning, SMA/SMK Negeri Tanjungbumi Jadi Tempat Ujicoba KBM Tatap Muka

  • Bagikan
Kepala cabang dinas pendidikan provinsi Jawa Timur wilayah Bangkalan, Sunarto saat diwawancarai di kantornya

BANGKALAN,Newsrepublik.com- Ujicoba Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka jenjang SMA/SMK/SLB di Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020 mendatang.

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Gubernur Jatim tentang Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Jenjang SMA/SMK/SLB di Jatim pada 9 Agustus 2020 lalu.

Di Bangkalan, ujicoba itu akan digelar di SMA dan SMK Negeri 1 Tanjungbumi. Sementara untuk SLB akan dilakukan di Socah.

Kepala cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bangkalan, Sunarto mengatakan, pihaknya mencari daerah yang paling aman untuk pelaksanaan ujicoba KBM itu. Menurutnya, Tanjungbumi adalah daerah paling aman di Bangkalan karena berada di zona kuning.

“Karena hanya Tanjungbumi yang statusnya zona kuning, yang lain ada yang oranye dan merah. Jadi kami tetapkan di SMA dan SMK Negeri yang ada di Tanjungbumi,” ujar dia, Kamis 13 Agustus 2020.

Sunarto menerangkan, untuk persiapan dan kesiapan pelaksanaan ujicoba itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah dan gugus tugas agar sesuai protokol kesehatan.

“Semua sudah siap dan sudah dikoordinasikan, jadi ini atas seizin gugus tugas kabupaten,” kata dia.

Selain itu, dia juga mengatakan, sesuai aturan, pelaksanaan ujicoba itu jumlah siswa yang bisa hadir hanya 50 persen sesuai dengan zona daerah dan akan memakai sistem shift serta jam belajarnya hanya 50 persen.

“Jadi kalau zona merah dan oranye, jumlah siswa hanya 25 persen, untuk zona kuning 50 persen dan akan dibentuk shift, sehingga masuknya bergantian,” katanya.

Untuk siswa, lanjut dia, tidak diwajibkan untuk hadir ke sekolah jika orangtuanya masih ragu, karena pelaksanaan ujicoba KBM ini tidak boleh memaksa siswa.

“Kalau orangtuanya tidak mengizinkan, tidak ada paksaan, karena dalam hal ini tidak boleh ada pemaksaan,” tutupnya. (San/kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: