Bupati Sampang Berharap BPD Bisa Mengawasi Program Desa

                           
NewsRepublik.com - Sabtu, 13 Maret 2021 - 10:22 WIB
Bupati Sampang Berharap BPD Bisa Mengawasi Program Desa
Suasana pelantikan Anggota BPD Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang  ()
Penulis
|
Editor

SAMPANG,Newsrepublik.com– Momentum Bupati Sampang H. Slamet Junaidi disela-sela momentum pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Bupati Sampang Berharap BPD bisa mengawasi program Desa yang sudah disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes).

Pengambilan sumpah atau janji pelantikan sembilan ketua dan anggota BPD digelar di Kantor Balai Desa setempat, Jum’at (12/3/2021).

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Wakil Ketua DPRD Sampang Amin Arif Tirtana.

Selain itu, turut hadir pula diantaranya Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang Nasari dan Wakil Ketua Komisi I DPRD Sampang Ubaidillah beserta Anggota DPRD Sampang Imam Hambaly dan Hanafi, Plt. Kepala DPMD Sampang Chalilurrahman dan Kepala OPD lainnya, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberikan sambutan.
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menjelaskan tugas BPD adalah mengusulkan program untuk kepentingan Desa serta untuk melakukan pengawasan kinerja yang sudah disepakati bersama.

“Program pembangunan bukan turun dari atas, namun program tersebut adalah atas usulan dari bawah,” kata Bupati dalam sambutannya.

Momen tersebut menurutnya sangat penting karena sejatinya BPD bertugas seperti halnya DPRD namun di tingkat Desa untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap program Kepala Desa.

“BPD itu semacam DPRD tingkat desa yang tugasnya mengawasi kinerja kepala desa, makanya harus bersinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Haji Slamet Junaidi juga berpesan kepada BPD untuk bekerja dan melaksanakan tugas sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung-jawab sesuai fungsi dan tugasnya agar bermanfaat kepada masyarakat. (Kh)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X