Jelang Pensiun, 90 PNS Dibekali Pengetahuan Kewirausahaan

SEMARANG, Terbitan.com – Menjelang masuk masa pensiun, sebanyak 90 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Semarang mendapat pembekalan ilmu kewirausahaan. Dengan demikian, dapat membantu para PNS untuk merencanakan usaha ekonomi produktif seusai pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Semarang Partono menyampaikan, pelatihan dimaksudkan memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan wira usaha kepada calon pensiunan itu.

Bacaan Lainnya

“Pembekalan ini diharapkan dapat memotivasi para PNS agar menyiapkan fisik dan mental memasuki masa purna tugas,” ucapnya saat pembukaan acara pembekalan di ruang pertemuan PP PAUD dan Dikmas Jateng di Ungaran, Selasa (10/3/2020).

Selain menerima materi berupa ceramah motivasi dari para nara sumber, para PNS juga diajak melihat langsung usaha perikanan di Muntilan. Pada 2020, BKD merencanakan pembekalan sebanyak tiga angkatan untuk 543 PNS yang akan memasuki purna tugas. Angkatan I dan II dilaksanakan Maret, sedangkan angkatan III di bulan Juni.

Bupati Semarang Mundjirin mengingatkan para PNS yang akan purna tugas agar tidak gelisah. Menurutnya, masa pensiun bukan akhir untuk berkarya.

“Siapkan mental psikologis untuk menghadapi situasi yang baru. Jangan berhenti untuk berkarya di lingkungan sosial masing-masing,” tegasnya.

Para PNS yang telah puluhan tahun mengabdi secara kedinasan itu, lanjutnya, telah memiliki ketrampilan dan kemampuan di bidang tertentu. Hal itu dapat diterapkan untuk mengabdi di masyarakat.

“Kemampuan yang dimiliki selama bekerja merupakan potensi diri yang masih bisa dikembangkan dan dimanfaatkan di tengah masyarakat. Sehingga dapat ikut serta mendukung keberhasilan pembangunan daerah,” lanjut bupati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan