Pasangan Calon Serahkan Akun Media Kampanye

Komisioner KPU Sumenep, dr. H. Rahnini

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Dua pasangan calon (Paslon) peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah menyerahkan akun media sosial (Medsos) sebagai media kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Kemarin kami menerima akun medsos dari dua pasangan calon sebagai media kampanye. Total akun medsos yang diterima kami sebanyak 16 akun,” kata Komisioner KPU Sumenep, dr. H. Rahbini, Kamis (01/10/2020).

Rahbini mengatakan, tim pemenangan pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah menyetorkan 3 akun medsos dan tim pemenangan pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri menyetorkan 13 akun medsos.

“Dari 16 akun medsos yang disetorkan tim pemenangan pasangan calon itu terdiri dari facebook, twitter dan instagram,” jelasnya.

Ia menyatakan, akun medsos yang disetorkan ke KPU itu akan menjati pantauan oleh Bawaslu setempat. Jika ada pelanggaran dalam kampanye melalui akun media sosial itu merupakan ranah Bawaslu, bukan ranah KPU lagi.

“KPU hanya menerima akun medsos yang akan digunakan pasangan calon untuk kampanye. Tentunya ada batasan-batasan yang harus diperhatikan oleh para tim pasangan calon dalam kampanyenya, salah satunya tidak menjelek-jelekkan pasangan yang sekiranya mengundang polemik,” terangnya.

Masa penggunaan akun medsos itu, lanjutnya, sejak ditetapkannya masa kampanye yakni sejak ditetapkannya nomor urut paslon hingga tanggal 5 Desember, sesuai jadwal kampanye. Sementara, jadwal pemungutan dan penghitungan surata suara pada tanggal 9 Desember 2020.

“Harapan kami, para paslon dapat menggunakan medsos itu sebagai media kampanye dengan bijak agar tidak tersandung persoalan hukum dikemudian hari,” harapnya. (zola/kh).

Tinggalkan Balasan