Pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup, KPU Sumenep Alokasikan Waktu Tiga Hari

  • Bagikan
Komisioner KPU, Rafiqi Tanzil

SUMENEP, Newsrepublik.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membuka pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 selama tiga hari, yakni mulai tanggal 4 hingga 6 September.

“Sesuai mekanismenya, masa pendaftaran pasangan calon bupati dan wabup Sumenep selama tiga hari,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, Selasa (1/9/2020).

Ia menyampaikan, tempat pendaftaran di Kantor KPU Sumenep, Jalan Asta Tinggi, nomor 99, Kebonagung, Kecamatan Kota. Pada hari terakhir masa pendaftaran memiliki waktu lebih lama dibanding dua hari sebelumnya. Untuk hari pertama dan ke dua, pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB.

“Untuk hari ketiga, yakni tanggal 6 September, pendaftaran akan dibuka mulai Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 24.00 WIB,” ucap Tanzil.

Tanzil menerangkan, syarat pencalonan bagi pasangan yang diusung partai politik atau gabungan partai politik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 ini, yakni minimal 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Sumenep atau minimal didukung 10 kursi dari total 50 kursi DPRD setempat atau 25 persen dari akumulasi suara sah dalam pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sumenep tahun 2019, yakni 170.585 suara sah.

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan KPU Sumenep nomor : 267/PP.05.2-Kpt/3529/KPU-Kab/VIII/2020. Untuk mengetahui persyaratan selengkapnya, tim pasangan calon yang akan mendaftar bisa mengakses langsung web resmi KPU Sumenep di Http://kpud-sumenepkab.go.id. atau bisa langsung menemui tim Help Desk Pencalonan di Kantor KPU Kabupaten Sumenep.

Hingga saat ini, ada dua pasangan calon yang berpotensi untuk mendaftar sebagai kandidat calon yakni Ach. Fauzi-Dewi Khalifah yang diusung PDI Perjuangan, PAN, Partai Gerindra, PKS dan PBB. Sedangkan Paslon lainnya yakni Fattah Jasin-Ali Fikri yang diusung PKB, PPP, Demokrat, Hanura, Golkar, dan NasDem. (Zola/kh).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: