Sekda Syaifullah Dukung Perda Inisiatif Fraksi PKB Tentang Pesantren

BONDOWOSO, TerbitanNews.com – Sekretaris Daerah Syaifullah, mendukung penuh gagasan atau inisiatif Peraturan Daerah (Perda) pesantren dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), DPRD Kabupaten Bondowoso, Selasa (25/2/2020)

“Jika nanti sudah ada Perda pesantren, saya yakin akan luar biasa, dan saya sangat mendukung. Apalagi dari Fraksi PKB yang berbasis kultural dari Nahdlatul Ulama,” katanya

Bacaan Lainnya

Upaya Perda pesantren tersebut didukung, sambung Sekda Syaifullah, karena pesantren merupakan bagian terpenting dari perjuangan bangsa. Kendatinya, sejak dahulu kala sudah manjadi tempat menempa ilmu bagi kehidupan bangsa yang lebih baik.

“Di pesantren itu ditumbuhkan peningkatan SDM, kemampuan untuk berbuat kebaikan, intelektual juga dibangun,” terangnya.

Lanjut Sekda Syaifullah, maka harus ada peraturan bagaimana negara atau pemerintah mengatur pondok pesantren, melalui pembangunan dan insentif untuk kebaikan yang lain.

“Jadi kami dukung penuh, terimakasih para sahabat saya, para mitra saya, di Fraksi PKB. Monggo kita terus bergerak,” ungkapnya.

Sejauh ini, Pemkab masih hanya memberikan honor kepada guru ngaji. Namun ke depan harus ada upaya untuk pembangunan fasilitasnya.

Kentadi demikian, Pemkab Bondowoso sudah memulainya dengan sebanyak tujuh Perbankan di Bondowoso. Sesuai arahan dan instruksi bupati, diminta agar menggunakan dana CSR-nya membangun MCK di Pesantren.

“Ada 80 sampai 90 persen dana CSR lembaga perbankan yang ada di Bondowoso kita larikan ke MCK. Tapi pesantren yang kecil-kecil dulu,” urainya.

Dijelaskannya juga, dengan Perda tersebut pesantren di Bondowoso bisa maju. “Kalau kita dorong seperti ini, maka pondok pesantren di Bondowoso menjadi referensi bagi masyarakat dan umat Islam Indonesia,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bondowoso mendorong adanya Peraturan Daerah (Perda) Inisiatif tentang Pesantren, sebagaimana amanat dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

“Perda Inisiatif ini, per hari ini masih disusun naskah akademiknya. Oleh karena itu kami berharap adanya sumbangsih pemikiran dari semua elemen masyarakat, terutama pihak pesantren yang ada di Kabupaten Bondowoso,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan