Perhutani Bagikan Masker Untuk Korban Letusan Abu Gunung Raung

Wakil Administratur KKPH Bondowoso Billy Mahardika saat membagikan masker kepada pelajar saat berada di sebuah warteg dekat Gunung Raung. (moh raihan)

SITUBONDO,Newsrepublik.com-Wakil Kepala Administratur Kantor Kesatuan Pemangku Hutan (KKPH) Perhutani Bondowoso Billy Mahardika bersama staf turun ke jalan Minggu (21/2/21) kemarin lusa. KKPH Bondowoso yang mewilayahi Kabupaten Situbondo dan Bondowoso itu tampak membagi-bagikan masker kepada warga yang menjadi korban letusan abu vulkanik Gunung Raung Bondowoso.

Kegiatan sosial kemasyarakatan itu disambut gembira oleh sejumlah warga yang rumahnya berdekatan dengan titik letusan Gunung Raung.

Informasi dari lokasi menyebutkan, pembagian masker tak hanya melibatkan karyawan KKPH Bondowoso, melainkan juga merangkul kalangan TNI/Polri setempat. Sebelumnya, sejumlah warga sempat terpapar sebaran abu Gunung Raung, terutama warga yang ada di tiga desa yang ada di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Melihat kondisi itu Perhutani spontan membagi-bagikan masker. Pembagian masker ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya sebaran abu vulkanis di Gunung Raung, sehingga tidak mengganggu saluran pernapasan penduduk setempat.

Dari data yang ada, warga yang terpapar sebaran abu vulkanis Gunung Raung, menimpa kawasan Afdeling Jampit, Kerepekan, Gending Waluh, Plalangan dan Sempol. Kawasan in, berada di dua desa yang ada di Kecamatan Ijen. Pihak perhutani sebagai pengelola kawasan hutan Raung, bersama TNI/Polri juga membagikan ribuan masker untuk pemilik warung tegal (warteg) dan pengendara motor yang melintas di jalan setempat. “Pembagian masker ini sasarannya agar masyarakat terhindar dari sebaran abu vulkanis Gunung Raung,” ujar Yayuk warga setempat.

Yayuk menambahkan, sebelumnya dirinya juga diberi masker gratis oleh Puskesmas setempat. Sementara dari instansi lain, ungkap Yayuk, hingga saat ini belum ada yang menyalurkan masker gratis. “Dengan adanya pembagian masker gratis dari KKPH Bondowoso dan TNI/Polri ini warga mengaku sangat senang dan bersyukur. Sehingga saat melakukan aktivitas akan merasa nyaman dan aman,” ujar Yayuk.

Sementara itu Billy Mahardika, Wakil Administratur KKPH Bondowoso, mengaku, dengan sebaran abu vulkanis Gunung Raung yang mengarah ke wilayah utara akan membahayakan bagi warga dan berdampak pada saluran pernapasan. Untuk itu, imbuh Billy Mahardika, kegiatan pembagian masker tidak hanya diberikan kepada warga yang berada di Kecamatan Sempol semata, melainkan diberikan kepada warga yang ada di Kecamatan Sumber Wringin Kecamatan Sukosari dan Kecamatan Tlogosari,” pungkas Billy.

Billy Mahardika menambahkan, pembagian masker gratis yang berjumlah ribuan juga dibagikan kepada pekerja penyadap getah (magersaren) yang berada di sekitar hutan yang dekat dengan kawasan Gunung Raung. (han/kh)

Tinggalkan Balasan