Peneliti Asal Belanda Dukung Penetapan Trunojoyo Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Kunjungan William Vroegop peneliti asal Belanda di situs Pababaran Trunojoyo Sampang.

SAMPANG,Newsrepublik.com- Sosok pengeran Trunojoyo menjadi daya tarik tersendiri bagi William Vroegop salah satu peneliti asal Belanda. Pria asal Belanda tersebut datang khusus mengunjungi situs tempat kelahiran Pangeran Trunojoyo di Pababaran, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Bahkan disela-sela kunjungannya pria beramput putih tersebut di areal situs Pababaran didampingi jajaran pengurus Madoera Tempo Doeloe (MTD) Sampang, secara tegas mendukung Pangeran Trunojoyo ditetapkan sebagai pahlawan nasional.Selasa (8/9/20).

Bagus Sulton wakil ketua 1 MTD Sampang, kami jajaran pengurus MTD Kabupaten Sampang sangat menyambut baik kunjungan William Vroegop salah satu peneliti asal Belanda, yang sengaja datang ke Pababaran tempat lahir pangeran Trunojoyo. Bahkan saat sampai di situs Pababaran peneliti asal Belanda tersebut yang didampingi Dispora Jatim, Dispora Malang, dan Dispora Kabupaten Sampang, ia menyampaikan pada kami sangat respek terhadap tokoh Trunojoyo yang situsnya hanya satu-satunya di Kabupaten Sampang yang masih bertahan, sedangkan kontroversi makamnya hingga saat ini masih belum ditemukan.

“Kunjungan peneliti asal Belanda ini menjadi motivasi kami untuk terus berjuang mengusulkan Pangeran Trunojoyo segera ditetapkan sebagai tokoh pahlawan nasional, bahkan disela-sela kunjungannya dihadapan kami pengurus MTD secara khusus William sangat mendukung penetapan Pangeran Trunojoyo dan ia berjanji akan membantu mencari data-data atau buku tentang sosok Pangeran Trunojoyo baik yang masih berbahasa Belanda atau yang sudah diterjemahkan bahasa Indonesia”.terang Bagus Sulton.

Lanjut Bagus Sulton dari tadi kunjungan bersama kami, Willliam mengatakan sudah ada sebagian beberapa data atau buku yang sudah diserahkan pada Disporabudpar, bahkan ketertarikan pada figur Trunojoyo tersebut, bahkan ia berjanji kalau ada kesempatan akan kembali mengunjungi situs Pababaran.

Sementara ditempat yang sama disela-sela kunjunganyan di situs Pababaran Trunojoyo William Vroegop dengan fasih berbahasa Indonesia, ia mengatakan dihadapan MTD Sampang, sangat mendukung Pangeran Trunojoyo ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, bahkan akan ikut memperjuangkan di departemen Sosial dan Trunojoyo harus menjadi Pahlawan Nasional .(kh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: