Bantuan Kearifan Lokal dan Penguatan Ekonomi Kelompok Hadroh Purnama Bersuka Cita

                           
NewsRepublik.com - Kamis, 12 Januari 2023 - 11:59 WIB
Bantuan Kearifan Lokal dan Penguatan Ekonomi Kelompok Hadroh Purnama Bersuka Cita
Kelompok Hadrok Purnama Desa Baddurih Kecamatan Pademawu.Kabupaten Pamekasan. (NewsRepublik.com)
|
Editor

PAMEKASAN,Newsrepublik.com-Dapatkan Dapatkan Bantuan Kearifan Lokal dan Penguatan Ekonomi Kelompok Hadroh Purnama Bersuka Cita Dan berrbenah untuk kesejahteraan Anggotanya.(12/01/2023)

Bantuan untuk Kelompok Hadroh Purnama tersebut dalam rangka pencegahan konflik sosial atau penyebaran radikalisme dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Tahun Anggaran 2022.

Ketua Kelompok Purnama, Supardi, mengatakan, anggaran yang disalurkan oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (DPSKBS) Kementerian Sosial Republik Indonesia Tahun 2022 yang diterimanya tersebut di alokasikan untuk beberapa kegiatan.

“Diantaranya pembelian alat seni sebesar Rp 26.770.000, serta penguatan ekonomi Produktif berfokus pada Budi daya udang dengan biaya sebesar Rp22.180.000 dan Rp 1.050.000 untuk pelaporan,” kata Supardi, Kamis (12/1/23)

Melalui bantuan tersebut, lanjut Supardi, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI atas dukungan dalam mengembangkan kesenian dan kearifan lokal, terutama kesenian Daerah Madura. Anak-anak muda setempat pun kian bersemangat bermain kesenian tradisional.

“Diharapkan generasi muda lebih berminat terhadap kearifan lokal yang ada di Desa Badurih dan terus melestarikannya,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, kata dia, Kelompok Hadroh Purnama akan terus berkomitmen dan fokus meningkatkan kearifan lokal di desa melalui nilai-nilai budaya tradisional.

“Demi terciptanya rasa aman serta mencegah konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme maupun terorisme,” tutur Supardi.

Kepala Desa setempat , mengatakan, program bantuan yang diterima oleh Hadroh Purnama menjadi energi positif bagi pelaku kesenian di desanya. Tentunya agar lebih eksis melalui peningkatan peralatan kesenian dan penguatan ekonomi produktif kelompok UMKM.

Ketua Hadroh Purnama mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga Pemerintah Kabupaten Pamekasan serta pihak Pemerintah Kecamatan Pademawu yang sudah peduli terhadap kelompok seni dan budaya di desanya.

“Dengan adanya program bantuan dari Kemensos RI melalui bidang kearifan lokal tersebut, Hadroh Purnama, bisa lebih eksis dalam mempertahankan kesenian. Serta mereka mampu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok melalui ekonomi produktif yang tergabung di dalam Kelompok Purnama,” Pungkasnya.(her/kh)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X